Uninterruptible Power Supply atau yang bias akita semua singkat UPS merupakan suatu alat yang digunakan untuk memback up aliran listrik ketika terjadi pemadaman listrik. UPS ini berfungsi agar peralatan elektronik tidak mati ketika sedang ada pemadaman listrik secara tiba-tiba. Didalam UPS terdapat baterai, ketika listrik mengalir melalui UPS, secara otomatis baterai ini akan terisi. Baterai inilah yang menjadi sumber listrik ketika listrik dari PLN dipadamkan. Didalam UPS juga terdapat inverter yang mengubah arus DC menjadi arus AC sehingga aliran listrik yang dihasilkan dari baterai dapat digunakan untuk menghidupkan peralatan elektronik. Uninterruptible Power Supply atau UPS. Bukanlah alat yang asing dijaman sekarang ini. Hanya saja masih ada orang atau perusahaan yang mengabaikan fungsi dari UPS ini sehingga tidak tertarik untuk menggunakan UPS. Untuk itu, berikut penjelasan mengenai fungsi serta manfaat penggunaan UPS.

  1. Dengan adanya UPS ini, anda tentu saja dapat mencegah terjadinya kerusakan peralatan listrik tiba-tiba terputus.
  2. UPS Ini sangat membantu terutama pada perangkat komputer untuk mencegah hilangnya data ataupun terputusnya server anda ketika listrik padam, yang tentunya memberikan dampak negatif untuk pekerjaan anda.
  3. UPS pun sangat banyak digunakan didalam gedung-gedung yang menggunakan lift. Fungsinya adalah memback up lift agar tidak berhenti pada saat listrik padam secara tiba-tiba.
  4. UPS juga dapat menjadi backup sementara jika anda menggunakan genset (Generator Set). Jika anda menggunSakan genset tanpa menggunakan UPS. Ketika listrik padam dan saat peralihan dari PLN ke genset. Listrik akan tetap padam walaupun hanya sekian detik dengan menggunakan UPS hal ini bisa diatasi saat listrik telah padam. Secara otomatis UPS langsung memback up data tanpa adanya jeda waktu, setelah itu barulah sumber listrik dipindahkan ke genset, sehingga aliran listrik tidak terputus sama sekali.

UPS adalah alat yang penting untuk usaha anda. Anda pun harus jeli dalam memilihUPS.Yangkualitasnyatidakperludiragukan.
Dari penjelasan tersebut di atas, tentu Anda dapat lebih memahami lagi fungsi serta manfaat jika menggunakan UPS dalam aktivitas di rumah maupun aktivitas di perusahaan anda. Dan akan lebih baik jika Anda memilih UPS sesuai dengan kebutuhan Anda. Sesuaikanlah kebutuhan anda dengan besarnya daya yang anda gunakan dan tentukan backup time yang anda rasa cukup untuk mem-backup peralatan elektronik anda selama aliran listrik dari PLN terputus. Selain itu, ketika Anda membeli UPS tentunya Anda perlu mempertimbangkan tentang jaminan After Sales, kelengkapan sparepart dan garansinya, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada UPS Anda, Anda tidak perlu khawatir.

Demikian info yang saya berikan mengenai fungsi dan kegunaan UPS, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan bagi Anda yang hendak membeli UPS agar tidak salah dalam menentukan kebutuhan Anda dan kualitas UPS Anda.