Seringnya terjadi di bagian listrik, sehingga bts internet sering down karena mesin ups tersebut tidak sanggup menyupply tenaga yang dibutuhkan dalam waktu 3 jam yang sering terjadi pada listrik mati tersebut sampai 2 kali sehari. Kita sudah membuat beberapa percobaan dan, pertama kali dengan menggunakan inverter terpisah 500w dan juga battre 100A serta carger 10A, karena waktu pemadaman kucup tinggi sehingga susah sekali untuk menerapkan ini, sampe akhirnya kita lakukan tetap dengan menggunakan ups tetapi kita akan memodifikasikan mesin tersebut untuk pengisian battre 100A, karena ups mempunyai tenaga yang sangat kecil sehingga pengisian batre tersebut kurang dan dengan cara ini kita memodifkan dengan memulai di battery 100A ini, secara logika 100A pengecasannya 10jam kali ya dengan cass batre 10A.

Yang kitaa terapkan disini menggunakan :

  • ups 1200w merek prolink yang memiliki tegangan input batre 12V
  • charger otomatis battre 10A merek fujiyama 12V
  • 2 buah relay OMHRON 220V yang besar  dengan  kesanggupan tegangan 28VDC  10A


prinsip dasarnya jika selama listrik masi hidup, maka mesin ups tersebut akan berjalan dengan normal dan battre besar tersebut akan di cas dengan charger 10A, secara otomatis jika batre penuh akan memutuskan hub dengan batre, jika listrik mati maka otomatis relay akan terputus dan menghubungkan batre 100 amper dengan ups, sementara charger di putuskan hubungan ke batre,

Kenapa kita menggunakan 2 relay ? mungkin sedikit boros, tapi kenyataannya di lapangan menyebutkan lain, ternyata jika tambahanya saja yang diputuskan ups tidak bekerja dengan sesuai ekspetasi maka batre cepat dikuras, mungkin karena ada hub ground dengan charger sehingga dia menarik arus, makanya kitaa sempurnakan pemutusan tegangan positip dan negatif nya, karena setau kita untuk inverter memang harus menggunakan plus minus, tidak ground.

Kenapa battre kecil di ups tetap dipakai? kenyataan di lapangan menyebutkan, jika tegangan dari PLN drop sehingga relay di ups berfungsi ke batre, maka otomatis Radio WLAN akan Reboot, kadang kala pas pemindahan relay ke batre 100A juga menyebabkan Radio WLAN mereboot juga, makanya kita tetap menggunakan battre kecil untuk respon ups, walhasil jika digunakan 2 batre ini maka tidak ada masalah reebootna si Radio WLAN

Berhasilkah Modifikasi ini ? kitaa belum yakin 100% tetapi untuk saat ini selama 2 hari percobaan tidak ada lagi bunyi ALARM pada koneksi yang DOWN, semoga ini bermanfaat dan sengaja kita gunakan rangkaian yang sederhana untuk atasi ini, kali juga untuk yang lain.